Jumat, 26 Januari 2018

Bahaya main gadget berlebihan

Bahaya main gadget

Image result for bahaya main gadget berlebihan

 1.Lupa waktu

lupa-waktu-efek-negatif-main-hp
Bila sudah asik main smartphone pastinya kita jadi lupa waktu, terutama ketika kita sedang bermain game online. Karena biasanya game online dimainkan bersamaan dengan pengguna lain di internet, sehingga tidak mungkin untuk meniggalkan permainannya secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja menjadi dampak buruk bagi kita sebagai pengguna ponsel, karena bisa saja pekerjaan kita jadi terbengkalai karena asik main game online pada smartphone.


2.Kesehatan mata menurun

Kesehatan-mata-efek-negatif-main-hp
Terlalu banyak dan lama saat bermain hp, juga dapat memberikan dampak negatif terhadap mata kita. Karena radiasi yang dihasilkan layar ponsel, bisa menyebabkan kesehatan mata kita menurun. Terlebih lagi bila kita memainkan smartphone dalam posisi berbaring, secara perlahan dapat menyebabkan penurunan fungsi mata. Jadi untuk menjaga kesehatan mata, lebih baik kita membatasi penggunaan smartphone.

3.Mengganggu syaraf otak

menggangu-syaraf-efek-negatif-main-hp
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa radiasi ponsel cukup berbahaya bagi tubuh manusia. Karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkannya, dapat memicu terjadinya kerusakan pada syaraf otak manusia. Radiasi yang lebih kuat akan dihasilkan hp, saat kita menggunakannya untuk menelpon. Untuk menjaga kesehatan syaraf kita, ada baiknnya tidak terlalu lama menggunakan hp, terutama untuk menelpon.
4.Pikun Ringan
Percaya nggak percaya, salah satu penyebab short term memory loss alias pikun ringan ini adalah kebiasan sehari hari kita loh. Iya, banyaknya gangguan dan informasi yang masuk dari Internet, TV, dan gadget itu ternyata bisa berdampak buruk.
“Televisi dan gadget itu biasanya jadi distraksi (gangguan) yang bikin remaja tidak fokus. Karena untuk mengucapkan sesuatu, otak perlu membangun jaringan baru. Nah distraksi itu bikin jaringan gagal terbentuk.” kata Rizqi Amelia Zeyn, Psikolog dari Universitas Airlangga.
Emang benar sih, coba aja ngerjain PR sambil naruh ponsel di sebelahmu. Pasti nggak kelar-kelar karena banyak ngecek-in ponselnya. Padahal yang ngechat juga nggak ada kan, Mblo? Gebetan aja nggak punya… #eh🙈
Multitasking Bikin Nggak Fokus
Selain gadget, tarnyata, sekolah juga berperan dalam menyebabkan pikun ringan ini. Banyaknya pelajaran yang dijejalkan ke otak kita itu dalam waktu hampir bersamaan itu bisa memicu short term memory loss. Kayaknya, ini lah yang bikin kenapa belajar Sistem Kebut Semalam jarang berhasil bikin kamu bisa lulus ujian, Guys!
“Karena otak punya kapasistas masing-masing, jadi pasti bakal ada yang lupa. Ini berlaku juga buat multitasking (melakukan banyak hal bersamaan). Karena tidak fokus, otak sulit membangun jaringan.”
Lebih Kreatif dalam Mengingat
Nah buat mencegah pikun karena terlalu banyak belajar, kamu bisa gunakan cara alternatif. Salah satunya yakni dengan menggunakan trik menghafal lewat singkatan dari kata-kata yang kita hafalkan. Trik ini disebut chuking. Contohnya waktu hafalin tabel periodik, He Li Na K Rb Cs Fr jadi ‘Helina Kawin Robi Cemas Frustasi’.
Chuking itu bisa jadi solusi buat menghafal pelajaran, karena otak lebih mudah menghafal informasi yang unik.” 
Minum Kopi
Chuking mungkin jadi solusi buat hafalin pelajaran. Tapi buat kehidupan sehari-hari, tentu solusi konkretnya dengan mengurangi distraksi yang ada disekitar. Misal kalau mau bicara atau melakukan sesuatu, hindari dulu bersentuhan dengan gadget.
Nah kalau emang terlanjur buntu, Amel merekomendasikan kopi sebagai solusi untuk membuat pikiran jadi fokus dan nggak mudah lupa. “Kopi mengandung kafein, jadi meningkatkan awareness (kesiagaan). Dengan begitu juga meningkatkan fokus kita.” 
5.Susah tidur

Dampak buruk smartphone yang pertama adalah bisa bikin susah tidur, karena hampir semua layar gadget mengeluarkan yang namanya blue light yang menyerupai cahaya pada siang hari. Cahaya tersebut dapat mengirimkan sinyal yang salah pada otak anak dan bisa membingungkan bagi tubuh manusia. Jadi apabila pada malam hari anak jadi susah tidur, disarankan untuk memberlakukan kegiatan tanpa gadget dirumah Anda 1-3 jam sebelum tidur dan mengganti dengan membaca buku bersama-sama, atau menceritakan dongeng-dongeng yang bermanfaat bagi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar